mumtazanas.wordpress.com

antivirus, freeware, tips dan trik, seo, advertising

Jintan Hitam, Penawar Rasa Sakit dari Timur Tengah


Selama berabad-abad jintan hitam digunakan jutaan orang di Asia, Timur Tengah, dan Afrika untuk menjaga kesehatan. Minyak dan herbanya diyakini bisa mengobati penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan, saluran pencernaan, gangguan lambung dan lever serta untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.



Jintan hitam dipercaya berasal dari Mediterania (seputar Laut Tengah), sebelum tersebar ke berbagai belahan dunia, termasuk ke Asia. Bentuknya kecil berserabut, ukurannya tidak lebih dari 3 mm. Jintan hitam termasuk dalam keluarga buttercup (Ranunculaceae).
Ada dua jenis tanaman ini, yakni yang berwarna ungu kebiruan dan putih. Orang-orang di tanah Arab telah mengenal Jintan hitam lebih dari 2.000 tahun lalu. Mereka memanfaatkan tanaman ini untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan, misalnya sakit gigi, flu, nyeri sendi.
Di Arab, jintan hitam dikenal sebagai habbatus sauda (biji yang menyenangkan) atau habbatul baraka, artinya biji yang membawa berkah. Bagi kaum muslim, jintan hitam merupakan anugerah Allah. Anjuran Nabi Muhammad SAW untuk memanfaatkan jintan hitam tercatat dalam sebuah hadis,”Tetaplah berobat dengan Habbatus sauda karena sesungguhnya ia bisa mengobati semua penyakit, kecuali kematian.”
Tak heran, tanaman bemama Latin Nigella sativa L ini masuk dalam daftar obat alami di buku Al-Tibb al-Nabawi atau Pengobatan Cara Nabi.
Keampuhan jintan hitam menyebar hingga Mesir, Yunani, dan India. Dalam kuburan Tutankhamen ditemukan narasi bahwa jintan hitam dipakai dokter pribadi Firaun sebagai bahan baku minyak dan salep untuk mengobati gangguan pencernaan. Cleopatra dan Nefertiti memakainya untuk merawat kulit agar tetap lembut.
Pada 460 SM, Hippocrates menyarankan penggunaan tanaman ini untuk membangkitkan vitalitas dan energi, kenyamanan, serta mengatasi kelelahan tubuh dan psikis. Dioscoredes, ahli fisika dari Yunani, di abad I melaporkan bahwa jintan hitam dipakai untuk mengobati sakit kepala, hidung tersumbat, sakit gigi, meningkatkan produksi ASI, dan menyembuhkan penyakit internis.
Tahun 980 M, Ibnu Sina dalam The Cannon of Medicine menyatakan Habbatus sauda sebagai perangsang tenaga dan membantu memulihkan kesegaran tubuh, menstimulasi energi, serta membantu penyembuhan dari kelelahan atau kurang semangat.
Kaya Gizi
Tahun 1960, Mahfouz dan Badr EI-Dakhakhny, peneliti Mesir, mengisolasi zat aktif nigellone dari minyak atsiri jintan hitam. Peneliti menemukan, dua minyak volatil (cenderung menguap pada suhu dan tekanan normal) dalam jintan hitam adalah nigellone dan thymoquinone.
Nigellone mencegah terjadinya kejang otot dan melebarkan saluran pernapasan, sehingga jintan hitam berkhasiat untuk penyakit pernapasan. Nigellone juga bersifat antihistamin, sehingga membantu mengurangi alergi, sedangkan thymoquinone berkhasiat antiradang dan antinyeri. Senyawa ini efektif untuk menggelontor racun tubuh.
Di tahun yang sama El-Dakhakhny melaporkan bahwa minyak jintan hitam memiliki kemampuan meredakan radang sendi. Penelitian di laboratorium mengungkapkan kandungan minyak nigellone dan thymoquinone dalam jintan hitam bersifat antileukimia. Penelitian lainnya, kedua unsur itu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan efektif untuk mengobati asma dan batuk kering.
Riset di bidang AIDS dilakukan Dr. Haqpada di Departemen Biologi dan Pusat Penelitian Medis di Riyadh, Arab Saudi, tahun 1997. Hasilnya, jintan hitam mampu meningkatkan rasio sel T positif dan negatif menjadi 55 persen dengan 30 persen aktivitas pembunuh sel alamiah.
Sebuah literatur dari University of Potchefstroom (1989), Afrika Selatan, menjelaskan jintan hitam dapat meningkatkan kadar ASI pada ibu menyusui. Hal ini ditunjukkan oleh kombinasi lipid portion dan struktur hormon dalam habbatus sauda. Menurut Yellia Mangan, penulis buku Cara Bijak Menaklukkan Kanker, jintan hitam kaya akan nutrisi yang mendukung kekebalan tubuh, termasuk interferon yang membantu penyembuhan kanker.
Tanaman bernama lain black seed ini juga kaya asam lemak tak jenuh dan asam lemak esensial (asam linoleik dan linolenik). Asam alfa -linolenik (omega 3) asam linoleik (omega6), merupakan substansi yang tidak dapat dibentuk di dalam tubuh, sehingga tubuh harus mendapat suplemen yang mengandung kedua asam tersebut.
Jintan hitam juga mengandung 15 macam asam amino, protein, karbohidrat, minyak volatil dan crude fiber. Kandungan vitamin dan mineralnya meliputi kalsium, potasium, besi, magnesium, selenium, vitamin A, B1, B2, B6, C, E dan niacin. Black seed juga mengandung arginine, yang penting pada masa pertumbuhan balita. (Sumber: Senior)

sumber :

http://www.medanbisnisonline.com/rubrik.php?p=90062&more=1

16 responses to “Jintan Hitam, Penawar Rasa Sakit dari Timur Tengah

  1. khusnul wahib amrullah Agustus 1, 2011 pukul 3:12 p

    Asslmkm wr.wb. mf sblmx.. mw mnanyakan gmn cara pnggunaan jintan hitam yg d campur bawang putih? langsung d cmpur?

  2. tita Juni 21, 2010 pukul 3:12 p

    jintan hitam dalam bentuk minyak digunakan sebagai apa?

  3. UDHY PAMUNGKAS Oktober 13, 2009 pukul 3:12 p

    Salam kenal dari Surabaya,
    Mohon ijin ngopi artikelnya pak
    mau buat brosurnya…
    Matur nuwun

  4. Dian Maret 21, 2009 pukul 3:12 p

    Kalau utk obati sinusitis jintannya dicampur dg sesuatu atau tdk?terimakasih sebelumnya

  5. Rasyid Maret 9, 2009 pukul 3:12 p

    Alhamdulillah…ketemu juga info ttg jintan hitam
    Makasih

  6. R izal Desember 22, 2008 pukul 3:12 p

    Asalamualaikum mas andra,
    langsung aja,berapa harganya jinta + bawang putih tersebut.
    makasih.

    wa’alaikumussalam, saya bukan mas andra dan saya engga jualan

  7. ifrohan Desember 8, 2008 pukul 3:12 p

    assalamualaikum.
    makasih atas infonya, semga Anda panjang umur untuk taat kepadaNya, diberi kesehatan selalu dan dilapangkan rizki. amin. ohya saya mau tanya bagaimana bentuk tanaman jintan hitam? boleh dong diemailkan ke email saya. sebelume trim.
    wassalam.

  8. Muhammad Taufiq Oktober 18, 2008 pukul 3:12 p

    ralat: maksud saya “Minyak Zaitun”

  9. Muhammad Taufiq Oktober 18, 2008 pukul 3:12 p

    assalamu alaikum.

    salam kenal kepada akhi pemilik blog mumtazanas.
    artikel yg cukup bagus dan sangat bermanfaat sebagai solusi obat alami masa kini.

    maaf, sedikit saya perbaiki kata dibawah ini:
    “Di Arab, jintan hitam dikenal sebagai habbatus sauda (biji yang menyenangkan)”

    yang benarnya arti habbatus sauda’ adalah (Biji Hitam).

    Alhamdulillah saat sekarang ini saya berada di mesir, salah satu pusat habbatus sauda’, nah bagi yg berminat untuk memesan dalam partai besar silahkan hubungi saya. insya Allah dalam blog kami juga akan ditambah halaman “Produk dari mesir” diantaranya berisi habbatus sauda’ , minyak zitun, siwak dll. kami sedang menyiapkan foto-foto contoh produk tsb. terima kasih.

    wassalamu alaikum

    Muhammad Taufiq
    Hp: +20103799507
    YM: abu_abdurrahman1

  10. benjaminmanalu September 21, 2008 pukul 3:12 p

    bagai mana cara meramu jintanhitam untuk lemah sawat da penyakit lambung

  11. judi Agustus 7, 2008 pukul 3:12 p

    waduh mau donk di ajarin kelola blog nya

  12. Andra Meida Oktober 22, 2007 pukul 3:12 p

    Jika ada yang berminat produk jintan hitam bisa menghubungi saya.
    Berikut ini artikel dari negeri Jiran tentang khasiat jintan hitam bila dicampur bawang putih.

    Diamond Black Seed
    (Habbatus sauda + Bawang Putih)

    Rahsia pemakanan yang berfungsi sebagai penawar terletak pada kandungan kimianya yang halus dan kecil serta unik. Kombinasi rumusan dalam nutrien perlu untuk mencari kesuaian keseragaman, persamaan dan melengkapi didapati pada bawang putih (garlic) dan jintam hitam (black seed ) dapat memenuhi 4 syarat keseimbangan.

    Sistem pencernaan yang telah gagal disebabkan oleh kepanasan (tekanan rendah) akan dapat distabilkan dengan kombinasi dua unsur pemakanan iaitu bawang putih dan jintan hitam.

    Bawang putih dan jintan hitam ini adalah sama fungsinya untuk bahagian atas sehingga bawah tubuh. Walaubagaimana pun bawang putih adalah lebih berkesan untuk tahap spiritual dan emosi (tahap atas dan luaran) manakala jintan hitam pula lebih berkesan bagi tahap mental dan fizikal (tahap bawahan dan dalaman).

    Diamond Black Seed (DBS) mengabungkan kedua-dua jenis herba ini sebenarnya menggabungkan dua kehebatan, iaitu kekuatan tenaga putih dan kekuatan tenaga hitam (kelajuan kegelapan).

    DBS diperkuat dan diperkaya dengan gelombang tenaga CVT yang khusus supaya lebih cepat menghasilkan pemulihan yang diperlukan dalam merawat penyakit.

    Penggunaan DBS ini akan merangsang kesemua kelenjar -kelenjar utama dalam tubuh dan menghasilkan tenaga dan keseimbangan yang diperlukan oleh tubuh.

    Kelebihan dan khasiat JIntan Hitam + Garlic

    memulihkan imsonia
    meransang tenaga seksual
    mencegah kegatalan pada kulit
    Meringankan penyakit neuralgia
    Mengelakkan masalah sembelit
    meransang tidur yang sempurna
    mengatasi masalah sendawa/angin
    memecah lemak yang tidak diperlukan
    memulihkan dan mengelakkan diabetes
    mengurangkan kolestrol yang berlebihan
    meransang dan melancarkan peredaran darah
    mengelakkan tekanan fikiran dan sakit kepala
    menguatkan sistem pertahanan tubuh (antibodi)
    menstabilkan sistem pencernaan yang terganggu
    membekalkan triptofan untuk aktiviti pencernaan.
    meransang pengeluaran limfosit sebagai antioksidan
    merencatkan ketumbuhan tisu baru yang tidak diperlukan

    Artikel diambil dari http://www.harmonisers.net/vibration/produks/diamond/Default.htm

    Ini adalah asli buatan saya sendiri putra bangsa Indonesia.

    Wassalam,
    Andra Meida
    08122390495
    022 6611947

  13. Fauzie Abdullah September 12, 2007 pukul 3:12 p

    Asswrwb

    Pak Anas Ykh,

    Saya meminta izin untuk menaruh artikel ini di blog saya, http://habbats.blogspot.com.

    Terima kasih

    Wasswrwb

    Wa’alaikumussalam Warohmatullohi Wabarokatuh,
    Silahkan pak

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.664 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: