mumtazanas.wordpress.com

antivirus, freeware, tips dan trik, seo, advertising

Atasi Cacar Air dengan Jintan Hitam


Jintan yang kerap digunakan bijinya, termasuk sebagai salah satu bahan bumbu dapur berbau khas. Biasanya, masakan-masakan daerah seperti dari Jawa dan Sumatera sering menambahkan bahan ini ke dalam masakannya. Jenis jintan, terbagi dalam dua rupa, yaitu jintan putih dan jintan hitam. Jintan yang sering dijadikan bumbu masak adalah jintan putih.

Khusus jintan hitam (Nigella sativa Linn) ternyata banyak mengandung khasiat untuk mengatasi berbagai penyakit. Di beberapa daerah, biji yang juga disebut jintan hitam pahit di Malaysia ini juga digunakan sebagai peluruh keringat, peluruh kentut, perangsang, peluruh haid, dan memperlancar air susu ibu (ASI). Tumbuhan jinten ini umumnya memiliki tinggi 50 centimeter berbatang tegak, berkayu dan berbentuk bulat menusuk.

Daunnya kadang-kadang tunggal atau bisa juga majemuk dengan posisi tersebar atau berhadapan. Bentuk daunnya bulat telur berujung lancip. Di bagian permukaan daunnya terdapat bulu halus. Konon, tumbuhan jintan hitam ini berasal dari Eropa Selatan yang memiliki bunga yang bentuknya beraturan. Bunga ini kemudian menjadi buah berbentuk bumbung atau buah kurung berbentuk bulat panjang. Buahnya keras seperti buah buni.

Bijinya berwarna hitam pekat. Khasiat yang dimiliki jintan hitam ini berasal dari kandungan kimia yang ada di dalamnya. Kandungan kimia jintan hitam terdiri dari minyak atsiri, minyak lemak, d-limonena, simena, glukosida, saponin, zat pahit, jigelin, nigelon, dan timokonon. Berbagai kandungan ini didapat dari biji jintan hitam.

Menurut Prof Hembing Wijayakusuma dalam bukunya Tumbuhan Berkhasiat Obat Indonesia: Rempah, Rimpang, dan Umbi biji jintan hitam itu mampu pula mengobati sakit perut, disentri, keracunan jamur, kembung, batuk, radang lambung, gonorrhoea, lepra, digigit ular, wasir, cacar air, dan lain-lain. Untuk mendapatkan khasiat jintan hitam, bisa dilakukan dengan dua cara. Cara pertama adalah untuk pengobatan luar dengan menghaluskan bijinya.

Bubuk jintan dihisapkan ke hidung (rhinitis dan influenza), atau dicampur dengan ramuan lain lalu ditempelkan pada bagian yang sakit. Cara kedua adalah dengan merebus biji atau bubuk jintan hitam dan dicampur bahan lain, lalu diminum. Untuk pemakaian luar, biasanya digunakan guna mengobati radang selaput lendir hidung (rhinitis), difteri (dioleskan ke seluruh tubuh), batuk rejan (dioleskan di dada dan leher), dan influenza.

Penggunaan jintan hitam dengan cara kedua adalah untuk pengobatan sembelit, disentri, gonorrhoea, batuk, digigit ular, keracunan jamur, radang lambung dan usus, serta muntah-muntah. Dalam pengobatan cacar air, 1 sendok teh jintan hitam dihaluskan bersama sebuah labu siam, 5 gram pinang, 3 lembar daun sirih, 1 siung bawang merah, 5 gram bangle, dan sebatang serai. Setelah itu, dicampur air masak dan disaring. Airnya diminum sehari tiga kali sebanyak tiga sendok makan.

(wed )

sumber :

http://www.republika.co.id/koran_detail.asp?id=152852&kat_id=105&kat_id1=150&kat_id2=


15 responses to “Atasi Cacar Air dengan Jintan Hitam

  1. salwasalma Oktober 27, 2011 pukul 3:12 p

    saya biasa mengobati flu dengan serbuk habbatussauda dicampur madu. alhamdulillah dengan izin allah bisa sembuh…

  2. salwasalma Oktober 27, 2011 pukul 3:12 p

    saya biasa mengobati flu dengan serbuk habbatussauda dicampur madu. alhamdulillah dengan izin allah bisa sembuh…

  3. arif Februari 14, 2011 pukul 3:12 p

    bagi yang perlu habbtusauda contact 021-93403070 kualitas ekspor sertifikat depkes & halal MUI harga cuma 17rebu isi 56 kapsul/bisa untuk 1 bulan…buat impoten,darah tinggi pokoke-nya di jamin ga bakal rugi…

  4. bayu Januari 12, 2010 pukul 3:12 p

    bagus artikelnya
    kebetulan lg pengen bikin blog tentang kesehatan
    ijin mengutip artikel ini

  5. sisca April 7, 2009 pukul 3:12 p

    mengenai jinten hitam kok diminum 3x 1 sehari, memangnya ada yang berbentuk kapsul dan di jual di apotik mbak Anik, mahal tidak harganya.

  6. dedi heri yanto Desember 14, 2008 pukul 3:12 p

    Bagi Akhi Yang Alhamdulillah Telah Merasakan Manfaat Dan Syafatnya ,,,Bersyukrlah …Namun Ana Belum Pernah Menemukan Buah Yang Di Maksud( Jinten Hitam).. ( Maklum Jauh Dari Peradaban,,)

  7. Anik Desember 9, 2008 pukul 3:12 p

    Alhamdulillah, saya sudah mengkonsumsi jintan hitam ini sekitar 2 bulanan, setelah saya melahirkan. ASI lancar dan bayi saya sehat. Saya pernah mau kena flu, langsung minum 2 kapsul, hidung mampet langsung plong dalam hitungan menit. Saya terus minum 3×1 kapsul sehari, untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mengingat siang saya kerja dan malamnya sering bergadang karena merawat bayi.

  8. zhakiah Oktober 22, 2008 pukul 3:12 p

    Salam kenal buat semua…

    Memang benar, kinilah saatnya kita kembali ke pengobatan alami.
    Aman, tanpa efek samping, tanpa bahan kimia. Dan pastinya mengikuti SUNNAH ROSULULLAH lho…

    Keajaiban Habbatussauda / Jinten Hitam atau dikenal dengan Black seed, dalam mengobati berbagai macam penyakit sudah tidak diragukan lagi.
    Baik penyakit ringan maupun penyakit berat(kronis) dan menahun.

    Buktikan khasiatnya…!!!

    TokoMarwa.com

  9. Fardian Oktober 7, 2008 pukul 3:12 p

    mudah2an bermanfaat buat kita semua.

  10. syihab Juni 14, 2008 pukul 3:12 p

    iya..benar sekali manfaat yang terkadung dalam jintan hitam, hal itu sudah ada dalam hadist yg diriwayatkan oleh syaidah ‘aisyah

  11. wijono Januari 8, 2008 pukul 3:12 p

    Pengalaman dengan jinten hitam. Kira2 bulan September 2007, saya kedatangan kawan lama dalam keadaan sakit. Maaf: jalan terseok-seok, bicara napas tersengal-sengal seperti orang habis berlari. Dia mengeluarkan seberkas hasil lab , EEG. Treadmill. yang menyatakan antara lain :cholesterol total 300, trigliserida 250 dan ybs kena jantung coroner.
    Kebetulan saya masih mempunyai jinten hitam dan saya berikan sambil berkata : coba kamu minum obat ini, sehari 3 kali 2 butir, sambil mohon kesembuhan kepada ALLAH SWT.
    Alhamdullilah dengan ijin ALLAH SWT, 2 bulan berikutnya datang lagi kerumah saya dengan kondisi yang membuat saya heran: jalan sudah gagah, napas normal .
    Dia terus mengkonsumsi jinten hitam dan riksa dokter bulan Desember 2007 dinyatakan sehat. Hal ini dia sebarkan kepada keluarganya yang menderita penyakit maag yang sudah menahun dan setelah mengkonsumsi jinten hitam secara teratur kira-kira 2 bulan dengan ijin ALLAH SWT, telah sembuh.
    Saran: hendaknya dikonsumsi secara teratur, walaupun telah sembuh seygyanya tetap dikonsumsi untuk menjaga kesehatan.
    Semoga bermanfaat.

  12. annisurya Januari 4, 2008 pukul 3:12 p

    tulisan bp di atas tentang manfaat jintan hitam tsb, ada lanjutannya tidak? coz. sy jg sedang mencoba mengkonsumsi jintan hitam, karena menurut penjualnya bisa mengobati sakit maagh, dan asam urat . Memang, mgkn kr2 seminggu sy mengkonsumsi jintan hitam, rasa pegal2 sy lumayan mereda, tp krn sy kemudian lupa/ tdk disiplin jd penyakit sy kambuh lg terutama maagh. kemalasan u mengkonsumsi tsb, karena sy jg tidak tahu manfaatnya. mgkn kt bs share pa, ttg pengalaman bp, dalm mengkonsumsi jintan hitam tsb. sy tunggu kbr bp. trims.

  13. wijono Juli 13, 2007 pukul 3:12 p

    Saya telah membiasakan makan jinten hitam untuk menjaga kesehatan perhari 2 kapsul @ 500 mgram sejak 2 bulan terakhir. Manfaat yang saya rasakan alhamdullilah badan selalu fit tidak mudah capai. Sejak itu keluarga saya (anak,istri, ibu mentua, adik ipar) sejak 1 bulan lalu juga setiap hari makan jinten hitam untuk menjaga kesehatan dan mereka juga telah merasakan manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: