mumtazanas.wordpress.com

antivirus, freeware, tips dan trik, seo, advertising

Nuh ‘alaihissalam adalah Rasul yang pertama


Waktu SD kita diajari menghafal nama-nama Rasul yg jumlahnya ada 25. Adam, Idris, Nuh, Hud, dan seterusnya ‘alaihumussalam. Benarkan Adam ‘alaihissalam adalah rasul yang pertama?

Berkata Syaikhul Islam Al-Imam Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah dalam Kasyfu Asy Syubuhat: “Rasul pertama (dari rasul-rasul Allah) adalah Nuh ‘alaihissalam. Beliau diutus oleh Allah kepada kaumnya tatkala mereka berbuat ghuluw (berlebih-lebihan) kepada orang-orang shalih.”

Penjelasan dari syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah: “Inilah pendapat yang benar. Sesungguhnya Allah tidak pernah mengutus seorang rasul pun sebelum Nuh ‘alaihissalam. Oleh karena itu, kita tahu kesalahan ahli tarikh (sejarah) yang mengatakan bahwa sebelum Nuh ‘alaihissalam, Allah ‘aza wa jalla pernah mengutus Idris ‘alaihissalam.

Allah berfirman, “Sesungguhnya Kami telah mewahyukan kepadamu sebagaimana Kami telah mewahyukan kepada Nuh dan nabi-nabi yang sesudahnya.” [QS An Nisa 163]

Dan disebutkan dalam hadits shahih yang berkenaan dengan kisah syafaat: “Bahwa manusia mendatangi Nuh dan mereka berkata, ‘Engkau adalah rasul pertama yang diutus oleh Allah di muka bumi.'” [1]

Dengan demikian, menurut ijma’ ulama, tidak ada rasul sebelum Nuh ‘alaihissalam. Beliau ‘alaihissalam adalah rasul pertama yang disebut dalam AlQuran, AsSunnah, dan Ijma’. Nuh ‘alaihissalam adalah salah seorang dari lima orang rasul yang dikenal dengan sebutan ‘Ulul Azmi; mereka itu adalah Muhammad, Ibrahim, Musa, Nuh, dan Isa. Allah menyebut mereka pada dua tempat dalam AlQuran, yaitu pada surat Al-Ahzab dan Asy-Syura


[1] Bukhari kitab At Tauhid, bab Kalam Allah ma’a Al Anbiya, Muslim kitab Al Iman bab Adna Ahlu Al Jannah Manzilan


3 responses to “Nuh ‘alaihissalam adalah Rasul yang pertama

  1. mina mina Juli 16, 2007 pukul 3:12 p

    eh,..saya salah baca ya?
    afwan banget akhi..
    saya bacanya pas lagi puyeng….

  2. mina Juli 15, 2007 pukul 3:12 p

    saya tak mengerti. Nabi Adam AS itu manusia pertama yang di ciptakan oleh Allah SWT, dan beliau AS adalah seorang nabi. Jadi, sudah jelas kalau Nabi Adam itu adalah nabi pertama. Kalau Nuh AS adalah nabi pertama tapi bukan manusia pertama yang diciptakan oleh Allah SWT, berarti Adam AS itu bukan nabi dong?

    kok anda seperti mengaburkan keyakinan sih…
    afwan klo salah tangkap…

    Apa beda Rasul dg Nabi? Adam ‘alaihissalam adl manusia pertama sekaligus nabi pertama, sedangkan Nabi Nuh ‘alaihissalam adl Rasul pertama. Sesuatu yg tdk bertentangan bukan?

  3. fajar sholahuddin Juli 2, 2007 pukul 3:12 p

    alhamdulillah kita telah mendapatkan penjelasan bahwa Rasul pertama adalah Nabi Nuh. tetapi kang, yang ana bingung adalah masalah periode kenabiani. nabi Adam sebagai bapknya umat manusia (lahir pertama kali) tentunya akan lebih dahulu berada dimuka bumi untuk diutus jadi nabi daripada nabi Nuh yang lahir sesudahnya.
    (akan tetapi pernyataan ini tanpa dasar dari Rasulullah). berikan keterangan .jazakallah wa syafakallah ilaikum

    Coba antum buka tafsir Ibnu Katsir ttg Nabi Nuh, awal terjadi kesyirikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: