mumtazanas.wordpress.com

antivirus, freeware, tips dan trik, seo, advertising

Membuat Robot itu Mudah (2): Kontes Robot Cerdas Indonesia 2004


Sesuai dengan tulisan pertama, disini saya akan membahas tentang Robot Cerdas Pemadam Api terkhusus yang sesuai spesifikasi KRCI.

Apa itu KRCI?

KRCI kepanjangan dari Kontes Robot Cerdas Indonesia. Kontes ini mulai diselenggarakan pada tahun 2004 bersamaan dengan pelaksanaan Kontes Robot Indonesia (KRI).

Kontes ini awalnya diusulkan oleh dosen ITB untuk mengimbangi KRI yang selalu didominasi oleh PENS-ITS dan Politeknik. Ternyata pada prakteknya KRCI tetap didominasi oleh Politeknik.

KRCI mengadopsi peraturan dari kontes robot pemadam api di Connecticut, Amerika. Dalam kontes ini sebuah robot berukuran maksimal 31 x 31 x 31 cm harus bisa memadamkan api lilin yang ditempatkan acak pada sebuah miniatur rumah dan kembali ke base (tempat start). Yang dinilai disini adalah kecepatan robot dalam menyelesaikan tugasnya.

image0022.jpg

Sebuah robot bersiap-siap didalam arena pertandingan

 

KRCI ini dibagi menjadi 2 divisi utama: senior dan expert. Senior dibagi lagi menjadi 2 beroda dan berkaki, adapun expert juga dibagi menjadi 2 single dan swarm. Divisi expert sendiri baru dimulai sejak tahun 2005 dan swarm baru dimulai pada tahun 2007. Tahun 2004 KRCI diselenggarakan di Balairung UI Depok diikuti oleh 14 peserta, 12 beroda dan 2 berkaki.

  1. S.M.A.R.T.1 – Institut Sains & Teknologi AKRPIND Yogyakarta – Beroda
  2. RADJA – Institut Teknologi Bandung – Beroda
  3. Fathonah – Politeknik Elektronika Negeri Surabaya – Beroda
  4. Kan_@yakan21 – Politeknik Manufaktur Bandung – Beroda
  5. EVO 113 – Politeknik Negeri Bandung – Beroda
  6. FIRE MOUSE – Universitas Bina Nusantara Jakarta – Beroda
  7. F R E E – Universitas Gajah Mada Yogyakarta – Beroda
  8. Zomblow – Universitas Indonesia Jakarta – Beroda
  9. F2R-UMJ – Universitas Muhammadyah Jember – Beroda
  10. EZI Universitas Negeri Jember – Beroda
  11. LOTUS TEAM – Universitas Negeri Malang –Beroda
  12. Smart Visy – Universitas Surabaya – Beroda
  13. Arachid – Universitas Surabaya – Berkaki
  14. IR-HEX – Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya – Berkaki

Pada KRCI ini kategori beroda dimenangkan oleh Evo 113 dan berkaki oleh Arachnid.

image006.jpg

Arachnid dari Universitas Surabaya, Juara 1 KRCI 2004 Divisi Senior Berkaki

image0041.jpg

Evo 113 dari Polban, Juara 1 KRCI 2004 Divisi Senior Beroda

Pada KRCI kali ini hanya Evo 113 yang berhasil dengan sempurna menyelesaikan tuugasnya dengan waktu yang relatif cepat dan bisa kembali ke tempat start.

Ada cerita menarik dibalik sukses Evo 113.

Langkah Evo 113 menjadi jawara KRCI tidak mulus, setidaknya ada 2 kendala serius yang dialami oleh Robot ini. Pertama adalah rusaknya sensor api yang dimiliki oleh Evo 113 sehingga harus melibatkan istri dari sang dosen pembimbing untuk mengantar spare part dari Bandung ke Jakarta pada jam 11.00 malam. Kedua adalah rusaknya microcontroller robot sehingga harus mengorbankan robot otomatis tim KRI Polban (dan itu adalah robot punya saya, hiks hiks hiks).

 


36 responses to “Membuat Robot itu Mudah (2): Kontes Robot Cerdas Indonesia 2004

  1. snystergates Mei 7, 2013 pukul 3:12 p

    wahh bolehhh nicchhh
    sukses dachhh

  2. fiki Maret 4, 2012 pukul 3:12 p

    bahan-bahan buat robot itu apa saja sih?

  3. febry Desember 14, 2011 pukul 3:12 p

    keren mas robot robot ny..
    saya jadi tertarik,
    saya sudah berpikir untuk membuat robot pemadam api.
    tapi saya tidak tw komponen apa saja yang harus saya beli.
    tolong di beri petunjuk ya mas……
    mas bisa sms lewat no hp ini, 089693349364.
    atau febryskin@yahoo.com
    tolong ya mas.

  4. richard sinurat Agustus 17, 2011 pukul 3:12 p

    mas saya sekarang sedang menyusun skripsi tentang Robot yang bisa menari…komponen apa saja yang di perlukan dan programnya.untuk keperluan skripsi .saya tingal di bandung tepat nya di cihanjuang……ini no Telp saya : 081287343048 tolong balasan nya ya mas…

  5. Dede Cubby Maret 23, 2011 pukul 3:12 p

    assalamualaikum…

    kk..
    dd mw tnya soal robotic dunk…
    dd mw buat skripsi
    tolong email ke dede –> dede_lutchu@rocketmail.com
    plisss… ya kakak

  6. natanael mathys Januari 19, 2011 pukul 3:12 p

    hello,, saya boleh minta tolong gak BAGAIMANA CARA MEMBUAT ROBOT PEMADAM API komponen apa saja yang di perlukan dan programnya..saya sedang membuat TUGAS AKHIR atau skripsi..saya tinggal di bandung tepatnya di parompong lembang..nie no hp saya 085718189995 tolong mas balasannya…

    • janes Agustus 17, 2011 pukul 3:12 p

      helllo pak saya sedang menyusun skripsi robot ..bagamaina cara membuat robot yang bisa menari , komponen apa saja yang diperlukan dan program nya…untuk keperluan skripsi .saya
      tingal di bandung tepat nya di cihanjuang……ini no Telp saya : 081287343048 tolong balasan nya ya mas…

      • anisa putri utami winata Oktober 17, 2011 pukul 3:12 p

        cara membuat robot itu gamang ….
        kamu harus cari bahan bahan nya dan saya akan bai tau bahan bahan nya
        pertama bahan wayar wayar yg ridak di pakai banh yg ke 1
        ke 2 ban kereta api yg tidak di pakai ….
        dan juga jangan lupa baleng baleng kipas angin
        kayu kayu yg tidak di pakai ……
        ni syarat dari saya
        tinggal di jakarta tepat nya di dkat syuting mikha tambayong …
        ni no hp telp saya : 085767738009

  7. arif Januari 11, 2011 pukul 3:12 p

    saya tertarik cara pembuatan robot
    tapi saya gak punya dasar nya mas
    mohon bantuan nya mas
    kirim ke email saya aja tengkuarifhidayat@yahoo.com

  8. m-iccank Februari 17, 2010 pukul 3:12 p

    kira-kira biayanya brapa ya..??

    hehe..

  9. Wids Agustus 2, 2009 pukul 3:12 p

    Halooo Q tertarik Banget Dengan Dunia Ini…
    gmn Caranya Biar Aq Bisa merancang sebuah Robot ya…???

  10. wahyu Juli 15, 2009 pukul 3:12 p

    nih ada posting sdikit about line follower robot (robot pengikut garis) dengan PID controller..klik aja di http://denumon.wordpress.com/2009/03/22/line-follower-robot-using-attinny-2313-with-6-array-sensors/

    moga manfaat..

  11. bow Juni 7, 2009 pukul 3:12 p

    pa,saya ingin sekali tahu tentang microkontroler,boleh minta panduannya nggak,dan untuk progrmanya pakai bahasa apa..terima kasih

  12. Sudarsono Oktober 29, 2008 pukul 3:12 p

    Rekan-rekan seprofesi electronika, perusahaan tempat saya kerja sedang cari karyawan, lulusan D3 jurusan electronika, handal di micro dan software, mandiri, workalkoholic alias senang berkarya (bukan tukang minum), dedikasi, komitmen & integritas yang kuat. Yang berminat CV saja ke E-Mail saya : service@korosispecindo.com

  13. Ndra Oktober 28, 2008 pukul 3:12 p

    satu lagi mas.jelaskan donk, robot line tracker tuch apa mas???

  14. Ndra Oktober 28, 2008 pukul 3:12 p

    mequm mas….
    robot line tracker ??kira kira sulit gak buat programnya?robot line tracker tuh robot yang berjalan berdasarkan sensor garis ya mas???
    kasih tau donk apa ja bahan2 yang sulit dicari tuch???atau bahan-bahan utamanya mas??
    thankss…

  15. wawan September 3, 2008 pukul 3:12 p

    Assalamualaikum
    saya mau tanya apa sih yang membuat robot itu susah bahanku lengkap tapi setelah di program kok jalannya malah aneh aku bikin robot yang bisa berjalan 4 penjuru

    wa’alaikumussalam, programnya mungkin salah

  16. Fikri Akbar Juli 10, 2008 pukul 3:12 p

    Assalamu’alaikum wr wb

    halo kk gw tinggal di bekasi sekolah di smansasi. topik nya menarik banget buat robot itu mudah aku juga pengen buat. yang tipe line tracker kirmin script nya ke email aku aja ya terus sama dana terus sama lokasi dimana kita bisa mendapat kan bahan bahannya makasih.

    Wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh.

    Script yg bagaimana mas? dana? maksudnya butuh biaya berapa? ya sekitar 500 ribu. Bahannya? di loakan aja mas

  17. Ndra Juli 3, 2008 pukul 3:12 p

    ass.mas aq boleh minta saran gak??
    gini, ntar lagi aq mu buat TA, maunya sich buat robot yang sederhana aja,bagusnya robot apa ya??
    n kira2 sulit gak dapat bahan2nya?
    thanks…
    wass.

    wa’alaikumussalam, robot line tracker aja. Sekalian bisa dilombakan di ITB dan atau di UGM. Bahan2nya gampang tapi tergantung lokasi anda juga. Klo di daerah terpencil memang susah

  18. Cindy Chrystania Juni 2, 2008 pukul 3:12 p

    olaa,, saya siswi smkn 56..
    sekolah saya baru membuka jurusan baru yaitu mekatronika..
    yg bljr tntang robotic,, PLC,, Pneumtik & hidrolik..

    saya ingin lebii tau dong tentang pembahasan robot…

  19. ki2 Mei 12, 2008 pukul 3:12 p

    aku pngn belajar donk.aku pny minat nich untuk belajar robotics

  20. ikang Maret 16, 2008 pukul 3:12 p

    haiii……., senenk bisa gabung di Blog’ nya ,,. Saya tertarik bwt belajar bkin robot, bisa minta artikel,soft copy,hand out,,.. apa ajalah yg pntg bsa nmbah2 ilmu saya…, sekian makasih ya….

  21. amroh Maret 10, 2008 pukul 3:12 p

    hai.. saya mahasiswa informatiika, saya pengen belajar buat robot. so please kirim cara2 buat robot. alat2 apa saja yang diperlukan. sama scriptnya.
    thanks…

  22. muslim fikri kosasih Februari 11, 2008 pukul 3:12 p

    tolong kirim cara2 pembuatan sistem robot untuk fasilitas interior mobil saya seperti robot penggerak pintu,kursi dan yang lainnya.

  23. gea Februari 1, 2008 pukul 3:12 p

    tolong donk cara buat brobotnya ditulis lebih lengkap,,,,

    INGA,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  24. wawan Januari 14, 2008 pukul 3:12 p

    kang piye kabare? saiki nang endi kerjane? kang warahi aku gawe web kang? eben bisa gawe web buku apa sing di baca kang?

  25. Bayu Desember 29, 2007 pukul 3:12 p

    bisakan minta cara pembuatan robot?

    Nanti akan dibahas, tunggu saja

  26. Sergio Desember 29, 2007 pukul 3:12 p

    assalmu alikum

    salam kenal
    saya sergio mahasiswa semester 1 di stmik akakom, dari dulu saya pengen sekali buat robot walaupun baru semester 1. tolong kirim cara-cara untuk ngebuat robot donk. bisakan?

  27. okta_lukiana Desember 27, 2007 pukul 3:12 p

    assalamu’alaikum

    Bisa bnt ? lagi cari info soal robot algoritma fuzzy untuk penggunaan ultrasonic. Bisa kasih penyegaran script programmnya ?

    Syukran

  28. benfany Desember 14, 2007 pukul 3:12 p

    afwan, mau tanya.. kalo mau bikin robot dasar yng harus kuat yang dipeljari ap y? saya mahasiswa polban ’07 Elektronika.

  29. basim Desember 10, 2007 pukul 3:12 p

    Assalamu a’laikum…
    Afwan klo antum bisa bantu, saya minta rangkaiannya dan script programnya. Ana lagi nyususn n’ kebetulan dikasi judul ttng robot pemadam api system otomatis. soalx dikampus belum ada yg cobain. Syukran……..

    eLEKTRO pOLTEK uP “05”

    Wa’alaikumussalam, ntar saya cari dulu di hard disk.

  30. Ihsan November 8, 2007 pukul 3:12 p

    Assalamu’alaikum…

    salam kenal

    Nas,,sya mw bwt alat indicator jarak aman bwt kendaraan…
    ada saran g? sensor apa yg digunakan atw hal apa yang mesti diperhatikan..

    Polban Ec’ 06

    Jazakumullah khoir..
    Wassalamu’alaikum

    Wa’alaikumussalam,
    Sensor yang banyak digunakan adalah ultrasonic.
    Coba gunakan algoritma fuzy logic.

  31. debi November 5, 2007 pukul 3:12 p

    Assalamu’alaikum…

    iya yang sy pelajarin juga make matlab…signal processing bukan bidang sy karena itu kerjaannya anak elektro…apalagi harus pake java.jaringan saraf tiruan yang akan sy buat harus bisa mengenali suara..minimal mengenal suku kata.Makanya make signal processing.Sy di teknik informatika. Kuliah di Jogjakarta…

    Jazakumullah atas sharingnya
    wassalamu’alaikum.

    wa’alaikumussalam, saya sedikit ngerti qodarulloh project akhir saya sedikit mirip (pendeteksi dan pengenal suara alarm). Kalo yg anda kayaknya lebih kompleks lagi (speech recognizer). Saya bisa saran utk hdwr-nya: gunakan microphone yg bagus.

  32. debi November 5, 2007 pukul 3:12 p

    Assalamu’alaikum…KRCI…baru inget ini penyebab lab tetangga sebelah stress…tapi sayang..sepertinya ga jadi ikut…Kemaren mereka agak pusing mencari jalur terpendek buat si robot itu..

    Robot Cerdas..pasti make kecerdasan buatan…Pake apa?Afwan akh tau ttg signal processing?afwan sy lagi searching2 buat TA

    jazakumullah khoir..
    Wassalamu’alaikum

    Wa’alaikumussalam, kecerdasan buatan? pakai brute force algoritm atau self positioning algoritm (ana kurang paham, cuman hasil otodidak di internet dan alhamdulillah bisa diaplikasikan). Digital signal processing pernah belajar dikit pakai Matlab.

    Waiyyakum, memang kuliah dimana? jurusan apa?

  33. heri setiawan Oktober 27, 2007 pukul 3:12 p

    keren mas… ajarin dunk, kalo boleh minta rangkaian sam script programnya untuk dipelajari… boleh ya…

Tinggalkan Balasan

