mumtazanas.wordpress.com

antivirus, freeware, tips dan trik, seo, advertising

Khasiat Sarang Semut


Beberapa peneliti berusaha mengungkapkan ada apa dibalik khasiat luar biasa dari Sarang Semut. Dari hasil penelitian itu ditemukan beberapa senyawa aktif yang mampu meredam berbagai penyakit.

Dr. M. Ahkan Subroto, Ahli Peneliti Utama LIPI mengungkapkan bahwa senyawa aktif yang terkandung dalam Sarang Semut itu adalah Flavonoid, Tanin, dan Poliefenol yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh.

Selain itu dalam Sarang Semut juga ditemukan kandungan bermanfaat lainnya, seperti Tokoferol, Magnesium, Kalsium, Besi, Fosfor, Natrium, dan Seng. Berikut adalah keterangan singkat beberapa zat aktif bermanfaat yang terkandung dalam Sarang Semut:

Flavonoid dalam tubuh manusia berfungsi sebagai antioksidan sehingga sangat baik untuk pencegahan kanker. Manfaat flavonoid antara lain adalah untuk melindungi struktur sel, meningkatkan efektivitas vitamin C, antinflamasi, mencegah keropos tulang, dan sebagai antibiotik.

Dalam banyak kasus, flavonoid dapat berperan secara langsung sebagai antibiotik dengan menggangu fungsi dari mikroorganisme seperti bakteri atau virus. Fungsi flavonoid sebagai anti virus telah banyak dipublikasikan, termasuk untuk virus HIV /AIDS dan virus herpes.

Selain itu, flavonoid juga dilaporkan berperan dalam pencegahan dan pengobatan beberapa penyakit lain seperi asma, katarak, diabetes, encok/rematik, migren, wasir, dan perionditis (radang, jaringan ikat penyangga akar gigi).

Penelitian-penelitian mutakhir telah mengungkap fungsi-fungsi lain dari flavonoid, tidak saja untuk pencegahan, tetapi juga untuk pengobatan kanker. Banyak mekanisme kerja dari flavonoid yang sudah terungkap, misalnya inaktivasi karsinogen, antiprofilisasi, penghambatan siklus sel, induksi apaoptosis, diferensiasi, inhibisi angiogenesis, serta pembalikan resistensi multi-obat atau kombinasi dari mekanisme-mekanisme tersebut.

Kemampuan Sarang Semut secara empiris untuk pengobtan berbagai jenis kanker atau tumor, TBC, dan encok/rematik diduga kuat berkaitan dengan kandungan flavonoid Sarang Semut .

Tanin merupakan astrigen yang mengikat dan mengendapkan protein berlebih dalam tubuh. Dalam bidang pengobatan Tanin digunakan untuk mengobati diare, hemostatik (menghentikan pendarahan), dan wasir. Karena itu kemampuan Sarang Semut secara empiris untuk pengobatan, misalnya untuk pengobatan ambeien (wasir) dan mimisan diduga kuat berkaitan dengan kandungan zat ini.

Polifenol adalah asam fenolik dan flavonoid. Polifenol banyak ditemukan dalam buah-buahan, sayuran serta biji-bijian. Rata-rata manusia bisa mengonsumsi polifenol dalam seharinya sampai 23 mg. Khasiat dari polifenol adalah anti mikroba dan menurunkan kadar gula darah. Asam fenolik merupakan kelas dari antioksidan atau senyawa yang menghilangkan radikal bebas. Molekul yang tidak stabil ini adalah produksi dari metabolisme normal yang menyumbat pembuluh darah dan mengakibatkan perubahan pada DNA yang dapat menimbulkan kanker dan penyakit lain.

Tokoferol (vitamin E) sekitar 313 ppm. Ananlisis antioksidan dari estrak kasar tumbuhan Sarang Semut menunjukkan bahwa estrak tersebut memiliki aktivitas antioksidan sedang, yaitu diperoleh nilai IC 50 sebesar 48,6 ppm. Sementara alfa-tokoferol yang merupakan antioksidan kuat dengan nilai IC 50 diperoleh angka sebesar 5,1 ppm. IC50 merupakan konsentrasi dari antioksidan yang dapat meredam atau menghambat 50% radikal bebas. Semakin kecil nilai IC50 dari suatu antioksidan maka semakin kuat antioksidan tersebut.

Alfa-tokoferol pada konsentrasi 12 ppm telah mampu meredam radikal bebas sebanyak 96% dan persentase inhibisi ini tetap konstan untuk konsentrasi-konsentrasi yang lebih tinggi dari 12 ppm. Hasil penelitian ini mempunyai makna bahwa alfa-tokoferol pada konsentrasi rendah pun telah memiliki aktivitas peredam radikal bebas hingga mendekati 100%.

Magnesium memiliki peranan dalam fungsi tulang, hati, otot, transfer air intraseluler, keseimbangan basa, dan aktivitas neuromuseluler. Fungsi-fungsi mineral tersebut dapat menjelaskan beberapa khasiat lain dari Sarang Semut , misalnya, khasiat dalam membantu mengatasi berbagai macam penyakit/gangguan jantung, melancarkan peredaran darah, mengobati migren, gangguan fungsi ginjal dan prostat, memulihkan kesegaran dan stamina tubuh, serta memulihkan gairah seksual.

Kalsium berfungsi dalam kerja jantung, implus saraf, dan pembekuan darah.

Besi berfungsi dalam pembentukan hemoglobin, transporoksigen, aktivor enzim.

Fosfor berfungsi dalam penyerapan kalsium dan produksi energi.

Natrium memilki peranan dalam keseimbangan elektrolit, volume cairan tubuh, dan implus saraf, dan kesimbangan asam-basa.

Seng memiliki fungsi dalam sintesis protein fungsi seksual, penyimpanan insulin, metabolisme karbohidrat, dan penyembuhan luka.

Selain itu dalam penelitiannya Dr. M. Ahkan Subroto melihat adanya penghambatan aktivitas enzim xanthine oxidase oleh estrak Sarang Semut, hal ini menunjukkan bahwa estrak Sarang Semut setera dengan aktivitas allopurinol, obat kimia komersial yang digunakan untuk pengobatan asam urat. Namun, bila dampak dari allopurinol bisa meningkatkan kadar kreatin hingga merusak ginjal, maka Sarang Semut selain menurunkan asam urat juga akan memperbaiki fungsi ginjal.

“Dengan adanya bukti empiris ini Sarang Semut merupakan sumber baru obat. Banyak senyawa baru yang belum diketahui (jenisnya) dengan aktivitas tinggi.” – Dr Muhammad Ahkam Subrat, Peneliti Sarang Semut.

Dan tidak menutup kemungkinan masih akan ditemukannya senyawa-senyawa aktif lainnya yang belum terungkap dari Sarang Semut, yang menjelaskan ada apa dibalik semua khasiat luar biasa dari Sarang Semut yang membantu kesembuhan begitu banyak orang dari berbagai penyakit.

sumber: deherba.com

Beli sarang semut sekarang juga !!! Klik gambar dibawah


22 responses to “Khasiat Sarang Semut

  1. andi f November 2, 2011 pukul 3:12 p

    saya pernah beli sarang semut kemasan kotak karton beberapa kali,tapi ternyata hanya satu saja yg bnr2 terasa khasiatnya, yg lain gk terasa blass blasss, kemudian saya prnh baca koran bhwa tdk semua srg semut brkhasiat obat, hanya yg tertentu saja yg berkhasiat obat,
    jadi pingin tau perbedaan sarang semut yg berkhasiat dan yg tdk, kalo ada yg punya infonyta tolong emailkan ke saya (anfiranfir@yahoo.com)
    saya andi f di gresik jw tmur

  2. bisri Agustus 15, 2011 pukul 3:12 p

    butuh kapsul sarang semut, praktis dan siap minum??, hub saya di 081548595591, atau sahabatsunnah.com

  3. den bagus kliwon Februari 2, 2011 pukul 3:12 p

    subhanallah,tak d sangka banyak kasiatnya.so waktu aq kerja di kaltim dulu sarang semut buat minuman sehari2seperti teh,diseduh trs ambil airnya minum deh

  4. umar Januari 8, 2010 pukul 3:12 p

    Wah di FACEBOOK dng umarpapua@yahoo.com ada foto tumbuhan sarang semut kiriman kaka dari Wamena, silakan dilihat salam kenal.

  5. Aa Tea Oktober 23, 2009 pukul 3:12 p

    Sarang Semut….wah pokonyamah seeep deh, bagi yang bth banget sarang semut ada tuh kebetulan di tempat kerja saya banyak sekali…,

  6. Tongkonan Oktober 12, 2009 pukul 3:12 p

    baru tahu kalau sarang semut bisa mengobati kanker.

  7. mirna Oktober 1, 2009 pukul 3:12 p

    mau nanya penelitian sarang semut pada hewan coba apa dah ada? dan apa dah ada dosis yang ditetapkan pada pmakaian sarang semut……………

  8. Maximus Paput Mei 17, 2009 pukul 3:12 p

    memang sarang semut sangat ampuh untuk obat mag dan liver dan saya sudah sembuh yang saya saya tanya apa boleh orang yang lagi hamil bisa minum

  9. Maximus Paput Mei 17, 2009 pukul 3:12 p

    Apa boleh orang hamil minum sarang semut

  10. sarang semut April 29, 2009 pukul 3:12 p

    blog anda sangat bagus
    bagi kawan-kawan yang perlu referensi paling lengkap tentang sarang semut? bisa kunjungi website kami di http://www.rumahsemut.co.cc tersedia juga produk jamu sarang semut siap konsumsi

  11. wawan Maret 20, 2009 pukul 3:12 p

    bagamana cara memesan sarang semut
    siapa dengan siap saya harus menghubungi ( telp/sms)
    onew14@yahoo.co.id

    http://www.deherba.com/afiliasi/affiliates/www.deherba.com?a_aid=1515&a_bid=8b8fad4b

  12. Pulsa-24 Desember 30, 2008 pukul 3:12 p

    Klo di denpasar nyari nya dimana yach ?

  13. hasbi Desember 30, 2008 pukul 3:12 p

    apakah semua sarang semut khasiatnya sama????
    maksudnya tiap daerah sama??

    kayaknya beda2

  14. meisusilo Desember 28, 2008 pukul 3:12 p

    Di depan pasar sentral Timika banyak yang jual sarang semut yang sudah dikeringkan, murah-murah harganya lho.. (halah, kayak makelar aja :lol: :lol: )

  15. Dewi Desember 24, 2008 pukul 3:12 p

    sarang semut? hebat bener

  16. khasimpluss Desember 22, 2008 pukul 3:12 p

    SUBHANALLAH, SETIAP PENYAKIT PASTI ADA OBATNYA,
    SALAH SATUNYA SARANG SEMUT TERSEBUT, TAPI INGAT JANGAN SAMPAI KITA MEMBUNUH SEMUTNYA, KARENA ALLAH BISA MENGAZAB ORANG-2 YANG DZALIM PADA MAKHLUK-NYA SALAH SATUNYA SEMUT.

    LAM KENAL

  17. bangkit Desember 17, 2008 pukul 3:12 p

    tetap madu kusuka..,aku anak madu…

  18. Aku tukang komen, kamu tukang apa? Desember 17, 2008 pukul 3:12 p

    Makanya jangan sepelekan hal kecil dan jangan anggap kecil hal yang sepele

    Lam Kenal

  19. dedi heri yanto Desember 14, 2008 pukul 3:12 p

    Maha Suci Allah YAng menciptakan As syifa kepada Setiap Cobaan – NYA

  20. Qonita Desember 12, 2008 pukul 3:12 p

    Pernah lihat KALO GA SALAH INGET di daerah perbatasan antara Papua dan Papua Nugini (mang kesono kapan ???^_^) banyak sarang2 semut yang tinggi2 dan berumur tahunan. itu sarang diapain.. dimakan gityu???ga kebayang rasanya..madu magh aja Nyit ga doyan…tapi boleh juga tuh wat nyembuhin migren yg ga kulonuwun kl mo kumat…

    Kan di KMT banyak, ntar mau nitip?

  21. ekoph Desember 12, 2008 pukul 3:12 p

    Sungguh kuasa Allah dimana-mana….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: