mumtazanas.wordpress.com

antivirus, freeware, tips dan trik, seo, advertising

Herbal Alami untuk Amandel


Tenggorokan dan Amandel

Amandel termasuk penyakit yang sering menyerang masyarakat pada umumnya. Berikut ini beberapa ramuan herbal untuk amandel yang kami kumpulkan dari berbagai sumber di internet.

Ramuan Jeruk Nipis untuk Amandel

Bahan-bahan: Tiga buah jeruk nipis.

Cara membuat: Jeruk nipis diambil kulitnya, lalu dicuci hingga bersih dan dipotong kecil-kecil. Kulit jeruk direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa ¼ gelas. Setelah dingin, air rebusannya disaring.

Cara memakai: Air rebusan tersebut untuk berkumur-kumur dan diminum. Lakukan 3-4 kali sehari sebanyak tiga sendok makan untuk sekali minum.

Pala dan Cengkih untuk Amandel

Bahan-bahan: Dua buah pala dan dua puluh biji cengkih.

Cara membuat: Buah pala dan biji cengkih dicuci bersih. Kemudian, diremas-remas dengan minyak kelapa. Saat akan dipakai, bahan-bahan tersebut harus terlebih dahulu.

Cara memakai: Balurkan secara merata dibagian leher dan digunakan dua kali sehari.

Ramuan 3

Bahan-bahan: Jeruk nipis, kunyit, dan madu.

Cara membuat: Jeruk nipis diperas, kunyit dimemarkan hingga airnya keluar. Air jeruk nipis dicampur dengan air kunyit lalu ditambahkan madu secukupnya.

Cara memakai: Ramuan ini diminum sedikit demi sedikit sebanyak 2-3 sendok makan sekali minum. Lakukan berulang-ulang dalam sehari hingga sembuh.

Ramuan Mengkudu dan Benalu

Bahan-bahan: Dua sendok makan sari mengkudu, satu sendok teh air perasan jeruk nipis, satu sendok teh air perasan kunyit, dua sendok makan madu murni, delapan sendok makan air rebusan benalu teh.

Cara membuat: Semua bahan dimasukkan ke dalam botol bersih yang telah dicuci dengan air panas. Kemudian, dikocok hingga bercampur.

Cara memakai: Kepada anak yang berusia diatas tujuh tahun, ramuan tersebut di berikan tiga kali sehari sebanyak satu sendok teh. Sementara itu, kepada anak-anak berusia diatas 12 tahun atau orang dewasa diberikan lima kali sehari sebanyak satu sendok teh untuk sekali minum.

Ramuan 5

Bahan-bahan: Sepuluh gram jahe, lima belas gram sambung nyawa, dan gula batu secukupnya.

Cara membuat: Jahe dan daun sambung nyawa dicuci bersih, lalu direbus bersama gula batu dengan 400 ml air hingga tersisa sekitar 200 ml. Air rebusannya disaring dan dminum selagi masih hangat.

Cara memakai: Ramuan ini diminum dua kali setiap hari hingga sembuh

Cakar Ayam untuk Amandel

Cakar ayam (Selaginella doederleinii Hieron) dikenal dengan sebutan berbeda di berbagai tempat, seperti Rumput Solo, cemara kipas gunung, dan shi shang be (Cina). Tanaman ini banyak tumbuh di Indonesia. Kebanyakan tumbuh di tebing jurang dan tempat-tempat teduh yang berhawa dingin.

Tanaman ini berbatang tegak dengan ketinggian sekitar 15-35 sentimeter, dan mengeluarkan akar pada percabangannya. Daunnya kecil-kecil dengan panjang sekitar 4-5 sentimeter dan lebar dua milimeter. Bentuknya jorong, ujung meruncing, pangkal rata, warna daun bagian atas hijau tua dan bagian bawah hijau muda. Daun cakar ayam tersusun di bagian kiri dan kanan batang induk sampai ke percabangannya, yang menyerupai cakar ayam dengan sisik-sisiknya.

Cakar ayam berkhasiat sebagai obat kanker paru, bronkhitis, radang paru, tonsilitis (radang amandel), batuk, koreng, hepatitis, perut busung, infeksi saluran kencing, tulang patah, dan rematik. Untuk pengobatan, semua bagian tanaman dapat dipakai pada kondisi kering. Menurut http://www.iptek.net.id, untuk pengobatan kanker sebanyak 50-100 gram cakar ayam direbus dengan air selama 3-4 jam dengan api kecil, lalu diminum setelah dingin. Untuk mengobati batuk, radang paru, radang amandel rebus 30 gram tanaman, lalu diminum.

Untuk jari tangan yang bengkak, cakar ayam yang masih segar dilumatkan lalu ditempelkan ke bagian tangan yang sakit. Dalam kondisi segar tanaman ini juga bisa digunakan untuk menyembuhkan tulang patah. Caranya, sebanyak 15-30 gram cakar ayam segar direbus, lalu diminum. Untuk pemakaian luar, tanaman ini dilumatkan lalu ditempelkan ke tempat yang patah asal sifat patahnya tertutup dan posisi tulangnya baik.

Cakar ayam juga sudah dibuat infus, tablet, dan obat suntik. Sifat kimiawi dan efek farmakologisnya adalah manis dan hangat, penurun panas, antiracun, antikanker (antineoplastic), menghentikan perdarahan (hemostatik), dan antibengkak (antioedem).

artikel lainnya:

sumber:

sumber gambar:



4 responses to “Herbal Alami untuk Amandel

  1. rita Desember 3, 2009 pukul 3:12 p

    dimana Q bisa mendapatkan tanaman cakar itu ? tolong ya tuliskan alamat nya di e-mail q ok ! Q ingin sekali membelinya, menurut q tanaman cakar ayam itu penting tuk Q, kla ada yang dekat, di sekitar Bandung.

  2. diyuna Oktober 26, 2009 pukul 3:12 p

    q gi btuh informasi lengkap tntang pengobtan amndel dengan mengkdu nee…
    tlong bntuin dong…..

  3. neng®atna Oktober 18, 2009 pukul 3:12 p

    ternyata perlu jugak ya :D

  4. Honey Oktober 1, 2009 pukul 3:12 p

    Thanks you buat infonya

    ^_________^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: