mumtazanas.wordpress.com

antivirus, freeware, tips dan trik, seo, advertising

Bisnis Online Modal Terbatas = Mobilitas Harus Tinggi


Bismillah,

Modal terbatas kadang kala menjadi penghalang untuk mengembangkan bisnis online yang sudah berjalan atau bahkan ketika akan memulai sebuah bisnis. Ada beberapa pakar bisnis menyarankan berhutang ke Bank. Dengan mencoba berhitung selisih antara bunga bank dan keuntungan yang kita peroleh kita harus berani mengambil resiko. Bagi saya pernyataan ini tidak sepenuhnya benar, terlebih lagi berhutang ke Bank yang mengandung RIBA ini jelas HARAM menurut Islam. Berhutang ke selain Bank paling lazim kepada saudara atau teman dekat tapi tentunya hal ini tidak mudah pada sebagian orang.

sepeda muatan penuh

Tapi sebentar, modal terbatas bukan berarti harus NGUTANG. Hal ini saya praktikan pada awal kali merintis bisnis online perlengkapan bayi, AsiBayi.Com. Dan cara itu adalah mobilitas tinggi. Bagaimana cara-nya?

Waktu itu modal saya adalah 2 barang seharga 1jt-an tapi omset-nya bisa 10 kali lipat bahkan lebih. Kok bisa? Begini trik-nya: cari tempat dimana kita mendapatkan barang yang akan kita jual, cari informasi sebanyak-banyaknya. Catatlah harga termurah dan termahal dari supplier yang kita punya. Juga perlu diperhatikan adalah kemudahan kita mengakses ke tempat supplier tersebut (pertimbangan transportasi). Buatlah harga jual dari informasi harga beli yang kita dapat. Harga beli termahal dijadikan patokan untuk mengambil untung.

Nah ketika barang laku terjual maka kita harus dengan mobilitas tinggi mengakses barang yang berada di supplier. Sampai saat ini saya masih menerapkan sistem tersebut “BELANJA BARANG SETIAP HARI” dikarenakan modal terbatas dan tempat untuk menaruh barang juga terbatas.

Hal ini juga dikarenakan pola pikir saya waktu itu yang masih sangat hati-hati untuk mengolah modal diawal menjalankan bisnis ini. “Jangan-jangan barangnya gak laku ntar uangnya terhenti di barang tersebut”. Sampai saat ini saya memiliki 2 kurir belanja tiap hari.

Resiko disini adalah anda harus capek bolak-balik berbelanja tiap hari tapi menurut saya itu lebih aman daripada terlilit RIBA BANK.

Nah ketika bisnis sudah mulai berjalan keuntungan belanja tiap hari adalah kita bisa mulai stock barang untuk keperluan 2-3 hari kedepan dan sebagain uang belanja bisa untuk menambah item yang lain dengan demikian ragam produk yang kita jual akan semakin banyak.

Jika sudah berjalan gunakanlah kurir belanja (jangan terus2 belanja sendiri) karena keberadaan anda stand-by di toko online lebih bagus. Juga untuk membuka lapangan kerja bagi orang lain.

sumber gambar: gambar-lucu.com


4 responses to “Bisnis Online Modal Terbatas = Mobilitas Harus Tinggi

  1. Putri Juni 13, 2013 pukul 3:12 p

    Assalamualaikum,
    Mas Anas, Kebetulan saya juga tertarik untuk berbisnis di bidang yang sama dengan bisnis mas Anas. Bisa kah mas Anas memberikan tips2. Kalau mas Anas berkenan saya ingin berkonsultasi dan mencari informasi tentang supplier2 tsb. Karena saya masih dalam tahap mengumpulkan informasi. Bila berkenan membantu saya, bisa PM saya lewat email? Terima Kasih banyak.

    Wasalam.

  2. Wisata Pulau Tidung April 3, 2013 pukul 3:12 p

    Bisnis online emang murah dan menjanjikan.
    Salam online

  3. analisis data Maret 10, 2013 pukul 3:12 p

    tip gan : coba investkan k emas gan hasil bisnis td, untuk modal usahanya dari gadai emas d pegadaian. jd keuntungan agan tdk hanya pd selisih uang yg belum tentu nilai dr uang tsb sama dr hari ke hari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: