mumtazanas.wordpress.com

antivirus, freeware, tips dan trik, seo, advertising

XML WordPress dan Cara Mengintegrasi kedalam Google


Salah satu kekuatan blog adalah pada search engine maksudnya jika blog kita mempunyai posisi yang tinggi di search engine seperti google, yahoo, dan msn maka akan banyak orang yang mengunjungi blog kita.

P: Bagaimana caranya agar blog kita mempunyai rangking yang tinggi pada search engine?

J: Salah satunya adalah sebuah blog harus mempunyai sitemap.

P: Apa itu sitemap?

J: Sitemap adalah sebuah halaman yang berisi semua link-link yang kita tulis pada blog kita, baik berupa posting maupun halaman. Dengan kata lain sitemap semacam daftar isi blog kita. Salah satu bentuk sitemap adalah XML sitemaps.

P: Tahukah anda bahwa wordpress.com pada senin, 23 Juni 2008 kemarin meluncurkan sebuah xml sitemap, XML sitemaps for WordPress.com

P: Bagaimana cara menggunakan sitemap tersebut, diintegrasikan kedalam google

J: Disini akan sedikit diterangkan step-by-step how-to track sitemap wordpress anda kedalam google.

Google

  • Langkah selanjutnya adalah kita harus memverifikasi site tersebut.

  • Setelah mengklik Verify, kamu harus memilih metoda verifikasi yang akan dipakai, kita akan memilih Upload an HTML file karena ini yang paling mudah.

  • Sekarang mulai sedikit repot, disini kita diminta mengupload sebuah posting baru didalam blog kita. Bagaimana caranya?

  • Copy-kan string yang dihasilkan secara acak oleh google. Jangan tutup jendela google sitemap ini karena kita akan membutuhkannya untuk kedua kali.
  • Di Dashboard WordPress kamu buat sebuah posting (write) new page (bukan new post) dengan judul berupa paste dari alamat yang tadi kamu copy dari halaman google webmaster. Jangan lupa untuk mengklik publish. Jangan khawatir posting ini bisa kita hapus sewaktu-waktu nantinya.

  • Kembali ke halaman Google Sitemap dan klik Verify dan Google akan memverifikasi posting yang baru kita buat tadi.

  • Kembali ke Dashboard WordPress.com klik di Manage kemudian Pages. Hapus halaman yang baru kita buat tadi.

  • Kembali ke Google Sitemaps dan klik pada Sitemaps di kolom sebelah kiri.

  • Klik Add Sitemap dan pilih General Sitemap.

  • Kita memasuki langkah terakhir sekarang. Ketik sitemap.xml kedalam box sebelah kanan.

  • Klik pada tombol Add General Sitemap pada kanan bawah dan anda baru saja menyelesaikan pengiriman sitemap wordpress anda kedalam google sampai menunggu konfirmasi dari google. Jika anda berhasil maka akan ada tulisan seperti ini:

CheckYou have added http://jaredbrodsky.com/sitemap.xml. Reports may take several hours to update. Thank you for your patience!

  • Sekarang tinggal menunggu sekitar satu jam (blog saya membutuhkan waktu hanya 5 menit) dan cek kembali di halaman Google webmaster kamu akan terlihat status OK.

Silakan jika ada yang masuh kurang jelas.

Diterjemahkan secara bebas dari:

http://jaredbrodsky.com/2008/06/17/new-wordpress-xml-sitemaps-and-google/

37 responses to “XML WordPress dan Cara Mengintegrasi kedalam Google

  1. Nanda Januari 5, 2011 pukul 3:12 +07:00

    Nice tutorial….
    saya jg pke xml sitemap google, cm klo teman2x bingung add sitenya dengan html pke meta tag aj lebih mudah….

  2. Pingback: Verifikasi Blog Wordpress.Com di Google, Yahoo, dan Bing « mumtaz-anas.com

  3. dhini puspitasari Maret 19, 2009 pukul 3:12 +07:00

    punyaku cuma butuh 4 menit, jzk

  4. ofa ragil boy Maret 19, 2009 pukul 3:12 +07:00

    mas ko punyaku statusnya pending, apa lagi proses? baru daftar nieh

    Yup

  5. harry Februari 8, 2009 pukul 3:12 +07:00

    lumayan infonya bisa nambah pengetahuan

  6. adi Januari 24, 2009 pukul 3:12 +07:00

    saya mencoba membuat file sitemap menggunakan plugin Google (XML) Sitemaps Generator for WordPress.
    tapi muncul tulisan seperti ini “The last run didn’t finish! Maybe you can raise the memory or time limit for PHP scripts” pada saat saya menjalankan plugin tersebut..
    mohon pencerahannya mas..thanks..

  7. dewazildjian Januari 19, 2009 pukul 3:12 +07:00

    Langkah diatas apakah bisa untuk wordpress.org?

  8. 71mm0 Desember 5, 2008 pukul 3:12 +07:00

    Mantap bos..
    kemarin ada yang bertanya di blog saya yang ini “bagaimana cara meningkatkan PR”, melihat hal tersebut, saya ingin buat postingan baru menurut pengalaman saya..

    Eh, salah satunya udah ada disini..untung belum diPublish..hehe..

    Benar sekali bos, Untuk menaikkan PR, min blog kita harus terintegrasi dg google dulu, baru register lagi pada yahoo and MSN..

    Mungkin nanti akan Saya trackback kesini kalau jadi menulis ttg meningkatkan PR blog :D

    Salam kenal..
    Pharmacy’s WEBLog

  9. Fajar November 28, 2008 pukul 3:12 +07:00

    akh…saya dah nyoba di WP berhasil, tapi kalo di BLOGSPOT gmn ya untuk posting di halaman…? Jazakallah…

  10. iman November 5, 2008 pukul 3:12 +07:00

    wah thanks ya tutorialnya,Dan Daftar Juga Ya Di Palembanggakure Top site List : palembanggakure.web.id

  11. dhawi1986 Oktober 31, 2008 pukul 3:12 +07:00

    mas.. aku mo nanya,, gimana sih untuk meletakkan widget “feedblitz” di wordpress…
    aku punya account di feedblitz, tapi untuk ambil code-nya di mana yah…?
    kalo feedburner sih aku sudah bisa….
    thank’s yah…

    http://dhawi1986.wordpress.com

  12. dhawi1986 Oktober 31, 2008 pukul 3:12 +07:00

    Ok.. mas infonya thank’s yah….

    http://dhawi1986.wordpress.com

  13. Humorbendol Oktober 31, 2008 pukul 3:12 +07:00

    Ups…maaf…ada tambahan bang.
    Kapan file yang kita buat di “Page” bisa dihapus?
    Kan jelek keliatannya bang….
    Makasih

    Setelah terintegrasi dg google bisa dihapus

  14. Humorbendol Oktober 31, 2008 pukul 3:12 +07:00

    Alhamdulillah….makasih bang.
    :)

  15. Papa Gifta Oktober 24, 2008 pukul 3:12 +07:00

    thx. pd percobaan I saya cek terus dipending, setelah saya lihat kesalahannya ada pada buat tulis baru saya buat posting baru, bukan halaman baru, trus saya udah coba lagi dengan account gmail yang lain, semoga berhasil. saya lagi unggu nih.

  16. Dunia tki Oktober 14, 2008 pukul 3:12 +07:00

    Wah ilmu yang bermanfaat bg pemula

  17. Qisthon Oktober 10, 2008 pukul 3:12 +07:00

    Utak atik sitemap di WP-ku gak sukses2 ada tutorial di sini, makasih banget Kang :D

  18. jengtris September 29, 2008 pukul 3:12 +07:00

    Makasih tipsnya mas, udah aku praktekin n berhasil, tapi aku verifikasinya pake yang meta aja, soalnya pake up load HTML gagal melulu he3 (maklum masih amatiran :) )

  19. chandrawp Agustus 27, 2008 pukul 3:12 +07:00

    terima kasih atas informasinya, karena dari beberapa hari saya googling, dan ketemunya disini.

  20. Akhyudi Juli 29, 2008 pukul 3:12 +07:00

    @admin
    Sudah tiada hanya .co.cc aja.

    @sulhadi
    mngkn ktika bkin posting “google93…c.html” permalink-nya ga tepat setawq harusnya http://sulhadi.co.cc/google….html coba klik bs kbuka ga dgn url ky td. Klo punya q index-nya yg msh 0 mungkin sdh bnar smua tinggal nunggu mbah google yg mengindex nya x ya? Ada ya tw?

  21. sulhadi Juli 28, 2008 pukul 3:12 +07:00

    mo tanya ya, saya coba lakukan langkah yang sama tapi kok ga bisa ya, yang keluar informasi sbb:

    Verification status: NOT VERIFIED
    We’ve detected that your 404 (file not found) error page returns a status of 200 (Success) in the header.

    Hmmm, waduh mas saya ga tahu. Banyak yg berhasil loh, mungkin ada yg terlewat

  22. Akhyudi Juli 25, 2008 pukul 3:12 +07:00

    Oh ya ingat, Indexed Urls in sitemap masih 0, padahal total Urls in sitemap ada 6, bagaimanaya? Mhn penjelasan…

    pertanyaan balik, alamat blog antum yg asli itu apa? (bukan yg co.cc)

  23. Akhyudi Juli 23, 2008 pukul 3:12 +07:00

    Assalaamu’alaiykum,
    Duh bgmana ya? Punya ana dh ok semua tapi pada sitemap index atau apa itu detail yg paling bawah not found, juga setelah dicoba searching pake google belum ketemu blognya, tolong bantu akh Anas? Jazakallahukhoir

    wa’alaikumussalam,
    Yg sebelah mana ya, maaf saya bingung dg pertanyaannya. Pada bagian sitemap cuman ada 2 bagian overview dan add sitemap.
    waiyyakum

  24. aprillins Juli 22, 2008 pukul 3:12 +07:00

    site map for wordpress!! oh yeaaaaah!! sip sip ini yang saya cari!!
    from http://blog.aprillins.com yes this is aprillins aprillins aprillins!

  25. sulhadi Juli 21, 2008 pukul 3:12 +07:00

    halo, entah kenapa setelah mencoba berkali tetapi tetap berhasil, mohon petunjuk saat ini saya menggunakan housting gratisan, dan saya telah mencaari artikel seperti ini sudah sangat lama, ketika saya terapkan langkah langkah diatas (tahap pertama, upload an html file) kemudian saya klik verivy, yang muncul adalah
    “We’ve detected that your 404 (file not found) error page returns a status of 200 (Success) in the header.” mohon petunujuk

  26. sulhadi Juli 21, 2008 pukul 3:12 +07:00

    saya sangat mengharapkan artikel anda dapat saya terapkan di vlog saya, tetapi saya sudah mencobanya dan tidak berhasil, saat ini saya menggunakan wordpress dengan webhosting gratisan mohon petunjuk,..http://sulhadi.co.cc/

  27. fauzanb Juli 8, 2008 pukul 3:12 +07:00

    syukron akh, sdh saya terapkan dan udah mulai keindex ma google..

  28. Amri Juli 7, 2008 pukul 3:12 +07:00

    akhi, ana mo nanya gmana caranya agar di blog qta muncul daftar isi sperti pya anta,
    ana udah daftar google sitemap tapi kok gak muncul daftar isi di blog saya ya?

    Itu dibikin manual, tapi kalau mau copy sitemap xml dari google kemudian paste di halaman baru (bukan post baru)

  29. fauzanb Juli 4, 2008 pukul 3:12 +07:00

    –Kita memasuki langkah terakhir sekarang. Ketik sitemap.xml kedalam box sebelah kanan–

    afwan akh, sitemap.xml-nya apakah harus sudah punya?

    Nah itu dia, mulai Juni kemarin semua blog WordPress secara otomatis sdh tersedia.

  30. thessic Juni 27, 2008 pukul 3:12 +07:00

    Jzklh yaaa,
    udah aku praktekin tapi statusnya masih pending :(

  31. Musa Juni 26, 2008 pukul 3:12 +07:00

    Cuma naik dua peringkat…

  32. herr Juni 26, 2008 pukul 3:12 +07:00

    jazakallah khair akh

    diperbanyak lagi sharing ilmunya….

  33. Rindu Juni 26, 2008 pukul 3:12 +07:00

    Sudah saya coba, tapi tidak berjalan mulus … ada yang salah step saya kayanya :(

    Dimana bingungnya? silakan ditanyakan.

  34. Reifand Juni 26, 2008 pukul 3:12 +07:00

    Sukran, akhi… Ana sudah membuat sitemap sesuai saran antum.

    Afwan, Sitemap antum mulai Kompetisi Berhadiah Laptop HP Dragon 2 Mei – 1 Juni 2008 sampai bawah, perlu diperbaiki karena linknya bukan link untuk posting langsung tetapi link untuk edit.

    Ditunngu kunjungan silaturrahimnya, Akh…

    Jazakallahu,

    Abu Hammam

  35. phil0s0phia Juni 26, 2008 pukul 3:12 +07:00

    wah thanks ya tutorialnya, sebagai blogger yg baru belajar bermanfaat bgt…

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.